CARA TEPAT PEMILIHAN NAMA PT

Nama PT adalah persyaratan paling awal untuk memulai pendirian PT. Karena Nama PT harus diajukan terlebih dahulu kepada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (DJAHU) sebelum PT berdiri. Hal ini terlihat simpel, namun pada prakteknya banyak yang kesulitan untuk memilih nama PT yang tepat untuk perusahaan mereka.

Ketentuan lebih lanjut mengenai Tata Cara Pengajuan Nama Perseroan diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, sebagaimana yang tertulis dalam peraturan tersebut pada Pasal 5 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas (“PP 43/2011”) yang mengatur bahwa nama PT yang diajukan belum dipakai secara sah oleh PT lain.

Berikut bunyi Pasal 5 ayat (1) PP 43/2011:

  1. Ditulis dengan huruf latin;
  2. Belum dipakai secara sah oleh perseroan lain atau tidak sama pada pokoknya dengan nama Perseroan lain;
  3. Tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan;
  4. Tidak sama atau tidak mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga Internasional, kecuali mendapat izin dari lembaga yang bersangkutan;
  5. Tidak terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk Kata;
  6. Tidak mempunyai arti sebagai perseroan, badan hukum, atau persekutuan perdata;
  7. Tidak hanya menggunakan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha sebagai nama perseroan; dan
  8. sesuai dengan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan, dalam hal maksud dan tujuan serta kegiatan usaha akan digunakan sebagai bagian dari Nama Perseroan.

Pasal 16 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UU PT”) melarang suatu Perseroan Terbatas mengggunakan nama yang telah dipakai secara sah oleh Perseroan lain atau sama pada pokoknya dengan nama Perseroan lain.

Yang dimaksud dengan “sama pada pokoknya dengan Nama Perseroan lain” adalah kemiripan yang disebabkan oleh adanya unsur-unsur yang menonjol antara Nama Perseroan yang satu dan Nama Perseroan yang lain yang dapat menimbulkan kesan adanya persamaan mengenai cara penulisan atau persamaan bunyi ucapan yang terdapat dalam Nama Perseroan, walaupun pemiliknya sama.

Pengajuan Nama PT juga dapat disertakan dengan singkatan Nama PT. Misalnya: PT Legalkan Negeri Indonesia dapat disingkat menjadi PT. LNI.

Anda ingin mendirikan PT tapi masih bingung prosedur dari pengajuan nama sampai selesai, silahkan hubungi kami di Legalkan.co.id, atau 0811833357

Sumber:

Undang-Undang Nomor 43 TAHUN 2011 Tentang Tata Cara Pengajuan Dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UU PT”)

1 thought on “CARA TEPAT PEMILIHAN NAMA PT”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *