BAGAIMANA KONSEP PERSEROAN PERORANGAN DI INDONESIA?

Konsep perseroan perorangan yang digulirkan Pemerintah Republik Indonesia lewat turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker), sebenarnya bukan hal baru bagi beberapa negara di dunia. Konsep ini telah dikenal di berbagai negara, namun dengan penyebutan yang berbeda-beda.

Pemerintah mengatur ketentuan mengenai pendirian Perseroan Terbatas (PT) perorangan untuk usaha mikro dan kecil. Ketentuan tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria Untuk Usaha Mikro dan Kecil resmi diteken oleh pemerintah. PP ini merupakan turunan dan aturan pendukung dari UU Cipta Kerja yang sudah lebih dulu disahkan tahun lalu. PP No. 8 Tahun 2021 merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk program kemudahan dalam berusaha (ease of doing business) di Indonesia.

Berbeda dengan Perusahaan Badan Hukum, perseroan perorangan dijalankan dan dimodalkan hanya oleh satu (1) orang saja. Jenis perusahaan ini tidak terlalu dibatasi oleh peraturan dan merupakan bentuk perusahaan yang paling sederhana karena keseluruhan perusahaan (keuntungan, kerugian, modal usaha) adalah sepenuhnya milik pemilik usaha.

UU Ciptaker mengubah rezim pengesahan menjadi rezim pendaftaran, termasuk bagi perseroan perorangan ini. Status badan hukum diperoleh setelah mendaftarkan pernyataan pendirian secara elektronik dan memperoleh tanda bukti pendaftaran. Pelaku usaha yang mendirikan perseroan perorangan juga dibebaskan dari kewajiban untuk mengumumkan dalam Tambahan Berita Negara sebagai bentuk penyederhanaan birokrasi.

Perseroan perorangan tidak memerlukan banyak perizinan, tetapi masih banyak pelaku bisnis yang masih kurang mengerti perizinan apa saja yang sebenarnya diperlukan dan mengakibatkan proses pendirian yang sangat lama.

Apabila anda memiliki pertanyaan mengenai cara mendirikan PT Perorangan di Indonesia atau masalah hukum lain, jangan ragu untuk menghubungi Legalkan.co.id kami dapat mempercepat proses pendirian dan perizinan PT Perorangan anda.

Sumber:

Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2021

https://www.kemenkumham.go.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *